Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Toko Coffee Maker Di Ciledug, Cirebon

Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Toko Coffee Maker Di Ciledug, Cirebon


Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Toko Coffee Maker Di Ciledug, Cirebon - Biar kian banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimpel itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai dari kelasnya, daerah ditanamna, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, meski pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma dan flavour yang begitu beda.

Kopi sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang ada di negeri ini dan dipakai di beberapa warkop.

Tetapi, apakah anda semua telah mengerti keistimewaan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki struktur batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit namun memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang hama karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Nusantara yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Toko Coffee Maker Di Ciledug, Cirebon


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di berbagai bagian dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa yang spesial, berlainan di setiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga kebal hama & penyakit.

Adapun ciri khas paling eksplisit yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, namun sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini karna ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan beragam tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai warung kopi yang menyajikan beraneka varian kopi Arabica.
Kendati begitu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah membaca artikel di halaman Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Toko Coffee Maker Di Ciledug, Cirebon, mudah-mudahan berguna.

0 comments