Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Toko Mesin Coffee Maker Di Cibeureum, Sukabumi

Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Toko Mesin Coffee Maker Di Cibeureum, Sukabumi


Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Toko Mesin Coffee Maker Di Cibeureum, Sukabumi - Walaupun kian berlimpah pecinta kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, tetapi tak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimpel itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai dari jenisnya, lokasi peraniannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, walau pun berjenis serupa, rasa kopi Gayo dengan Toraja misalnya, memiliki aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di tanah air dan digunakan di sebagian besar warkop.

Namun, apakah kamu semua telah tahu karakteristik dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki struktur batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tetapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi pun semestinya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena hama karat daun terpenting kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang harum semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Indonesia yakni Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Toko Mesin Coffee Maker Di Cibeureum, Sukabumi


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi saat ini di berbagai belahan dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna menyandang cita rasa spesial, berbeda di setiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan tahan penyakit & hama.

Adapun kekhasan setidaknya kentara yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pun beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai kedai kopi yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabica.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca artikel di halaman Macam-Macam Rasa Kopi Starbucks – Toko Mesin Coffee Maker Di Cibeureum, Sukabumi, semoga ada manfaatnya.

0 comments