Manfaat Kopi Robusta And Arabica – Online Shop Coffee Maker di Beduai, Sanggau

Manfaat Kopi Robusta And Arabica – Online Shop Coffee Maker di Beduai, Sanggau


Manfaat Kopi Robusta And Arabica – Online Shop Coffee Maker di Beduai, Sanggau - Meski makin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, dari kelasnya, daerah penanamannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, meski berjenis serupa, citarasa kopi Gayo serta Toraja umpamanya, menyandang aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di tanah air dan dipakai di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah kalian semua telah tahu ke-khas-an dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai rupa bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit namun menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga semestinya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tidak heran harganya pun lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Indonesia yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Robusta And Arabica – Online Shop Coffee Maker di Beduai, Sanggau


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di berbagai belahan bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan tahan hama & penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya kentara yaitu peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam setahun, hal ini karena ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, juga beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengenal dan merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya kian banyak kafe yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabica.
Kendati begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi risalah dalam blog Manfaat Kopi Robusta And Arabica – Online Shop Coffee Maker di Beduai, Sanggau, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments