Manfaat Kopi Untuk Kecantikan Tubuh – Toko Mesin Coffee Maker di Sukajaya, Sabang

Manfaat Kopi Untuk Kecantikan Tubuh – Toko Mesin Coffee Maker di Sukajaya, Sabang


Manfaat Kopi Untuk Kecantikan Tubuh – Toko Mesin Coffee Maker di Sukajaya, Sabang - Kendati kian berlimpah pecinta kopi yang menandai beragam jenis kopi, namun tak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, mulai tipenya, daerah penanamannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, meski dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo dengan Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di Indonesia serta digunakan di sebagian besar warkop.

Tapi, apakah anda semua sudah mengetahui karakter dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki tatanan butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tetapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan juga semestinya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tidak heran nilainya pula jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air adalah Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Manfaat Kopi Untuk Kecantikan Tubuh – Toko Mesin Coffee Maker di Sukajaya, Sabang


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di beragam belahan bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena memiliki cita rasa khas, berlainan di tiap-tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta kebal penyakit & hama.

Adapun keunikan setidaknya mencolok adalah tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di hawa yang rendah, maka bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pun sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengetahui serta merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya kian banyak kedai kopi yang menyediakan berbagai varian kopi Arabika.
Meski demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi risalah dalam blog Manfaat Kopi Untuk Kecantikan Tubuh – Toko Mesin Coffee Maker di Sukajaya, Sabang, semoga berguna.

0 comments