Meracik Kopi Hitam – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Piru

Meracik Kopi Hitam – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Piru


Meracik Kopi Hitam – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Piru - Meski makin banyak pecinta kopi yang menandai bermacam tipe kopi, tetapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesederhana itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai dari kelasnya, area ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walaupun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Kopi sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di Indonesia dan dipakai di beberapa warkop.

Akan tetapi, apakah kamu semua sudah mengetahui karakter dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai wujud batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit namun memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di perkebunan juga semestinya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang harum serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tidak heran harganya juga jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara ialah Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Meracik Kopi Hitam – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Piru


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi saat ini di bermacam bagian bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan resistan penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan paling kentara yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, namun sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengenal dan merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai warung kopi yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabica.
Kendati demikian, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca risalah dalam web Meracik Kopi Hitam – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Piru, semoga ada gunanya.

0 comments