Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Toko Online Pembuat Kopi Di Blang Pegayon, Gayo Lues

Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Toko Online Pembuat Kopi Di Blang Pegayon, Gayo Lues


Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Toko Online Pembuat Kopi Di Blang Pegayon, Gayo Lues - Walaupun kian banyak penikmat kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, namun tak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesederhana itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, mulai jenisnya, tempat peraniannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, meski pun berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma dan flavour yang begitu beda.

Biji kopi sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di tanah air dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah anda semua pernah mengerti karakter dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang wujud bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang harum seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air yaitu Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak timbul yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Toko Online Pembuat Kopi Di Blang Pegayon, Gayo Lues


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di bermacam belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa spesial, berbeda di setiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga tahan hama.

Adapun kekhasan paling mencolok yaitu taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, namun sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di suhu yang rendah, maka bisa lekas panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, juga beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengenal serta merasakan bermacam veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai kedai kopi yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi risalah di website Meracik Kopi Hitam Yang Nikmat – Toko Online Pembuat Kopi Di Blang Pegayon, Gayo Lues, moga-moga bermanfaat.

0 comments