Meracik Kopi Yg Enak – Kios Pembuat Kopi di Labuan Amas Selatan, Hulu Sungai Tengah

Meracik Kopi Yg Enak – Kios Pembuat Kopi di Labuan Amas Selatan, Hulu Sungai Tengah


Meracik Kopi Yg Enak – Kios Pembuat Kopi di Labuan Amas Selatan, Hulu Sungai Tengah - Biar semakin banyak penikmat kopi yang menandai beragam jenis kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang tampaknya masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimple itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, mulai dari kelasnya, daerah peraniannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, walaupun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja contohnya, menyandang aroma dan flavour yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di tanah air dan digunakan di beberapa coffee shop.

Namun, apakah anda semua sudah mengerti keistimewaan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai bentuk batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi pun semestinya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang harum kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tak heran harganya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Meracik Kopi Yg Enak – Kios Pembuat Kopi di Labuan Amas Selatan, Hulu Sungai Tengah


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di beragam bagian dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa khas, berbeda di setiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan resistan hama & penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya jelas yaitu peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam satu tahun, kondisi ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pun beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak Coffee shop yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabica.
Kendati demikian, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi risalah dalam website Meracik Kopi Yg Enak – Kios Pembuat Kopi di Labuan Amas Selatan, Hulu Sungai Tengah, moga-moga ada gunanya.

0 comments