Aneka Macam Kopi Indonesia – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Cidolog, Sukabumi

Aneka Macam Kopi Indonesia – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Cidolog, Sukabumi


Aneka Macam Kopi Indonesia – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Cidolog, Sukabumi - Meski kian banyak penikmat kopi yang menandai bermacam jenis kopi, tetapi gak sedikit pula yang tampaknya masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimpel itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai tipenya, tempat penanamannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, walaupun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo serta Toraja umpamanya, menyandang aroma dan citarasa yang berbeda.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di Indonesia dan digunakan di beberapa warkop.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah mengetahui kekhasan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki struktur biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tetapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman pun seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang harum semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tak heran kualitasnya pun lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Aneka Macam Kopi Indonesia – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Cidolog, Sukabumi


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di beragam belahan dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa spesial, berlainan di tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan tahan penyakit.

Adapun ciri khas paling jelas ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, namun sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam 1 tahun, perihal ini karena ditanam di suhu rendah, maka dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, juga sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengenal serta merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak kafe yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi informasi di blog Aneka Macam Kopi Indonesia – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Cidolog, Sukabumi, mudah-mudahan berguna.

0 comments