Cara Membuat Kopi Cappucino Yang Enak – Onlineshop Coffee Maker di Tanjung Agung, Muara Enim

Cara Membuat Kopi Cappucino Yang Enak – Onlineshop Coffee Maker di Tanjung Agung, Muara Enim


Cara Membuat Kopi Cappucino Yang Enak – Onlineshop Coffee Maker di Tanjung Agung, Muara Enim - Kendati semakin ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, tetapi tak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesederhana itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, dari jenisnya, lokasi penanamannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan bijinya. Itu sebabnya, meski pun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo dan Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di tanah air dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah mengetahui karakter dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai bentuk bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit tapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi juga semestinya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang wangi kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tidak heran harganya pula jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Nusantara yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai muncul adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Cappucino Yang Enak – Onlineshop Coffee Maker di Tanjung Agung, Muara Enim


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi masa ini di bermacam bagian dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa istimewa, berlainan di setiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan kebal penyakit dan hama.

Adapun kekhasan setidaknya kentara yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, namun sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pula beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengenal dan merasakan beragam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya kian ramai Coffee shop yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi tulisan dalam halaman Cara Membuat Kopi Cappucino Yang Enak – Onlineshop Coffee Maker di Tanjung Agung, Muara Enim, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments