Cara Membuat Kopi Tubruk Nikmat – Online Shop Mesin Coffee Maker di Kajen

Cara Membuat Kopi Tubruk Nikmat – Online Shop Mesin Coffee Maker di Kajen


Cara Membuat Kopi Tubruk Nikmat – Online Shop Mesin Coffee Maker di Kajen - Biar semakin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimple itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, mulai dari tipenya, kawasan peraniannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, meski pun dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma dan flavour yang berbeda.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang ada di negeri ini serta digunakan di beberapa warkop.

Akan tetapi, apakah kalian semua pernah mengetahui keistimewaan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang struktur butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit tetapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan juga semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang sedap semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran mutunya pula lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Tubruk Nikmat – Online Shop Mesin Coffee Maker di Kajen


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi saat ini di beragam belahan bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang khas, berlainan di setiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga resistan penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan setidaknya kentara adalah peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tetapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa cepat panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pula beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengetahui serta merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya makin banyak warung kopi yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabica.
Meski demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi informasi di website Cara Membuat Kopi Tubruk Nikmat – Online Shop Mesin Coffee Maker di Kajen, mudah-mudahan berguna.

0 comments