Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Penjual Mesin Coffee Maker di Kemuning, Palembang

Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Penjual Mesin Coffee Maker di Kemuning, Palembang


Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Penjual Mesin Coffee Maker di Kemuning, Palembang - Walaupun makin berlimpah pecinta kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, tapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimpel itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, dari varietasnya, area peraniannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, walau pun berjenis sama, cita rasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di negeri ini dan digunakan di sebagian besar warkop.

Namun, apakah anda semua pernah paham keistimewaan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki wujud butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tetapi memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terpenting kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang sedap serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Tanah Air ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak timbul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Penjual Mesin Coffee Maker di Kemuning, Palembang


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi kini di berbagai belahan dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa khas, berbeda di tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan kebal hama.

Adapun keunikan setidaknya kentara yakni taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam setahun, perihal ini sebab ditanam di suhu rendah, sehingga bisa cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pun sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah memahami dan merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabika.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi informasi dalam halaman Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Penjual Mesin Coffee Maker di Kemuning, Palembang, semoga ada gunanya.

0 comments