Cara Meracik Kopi Aceh – Penjual Pembuat Kopi Di Matur, Agam

Cara Meracik Kopi Aceh – Penjual Pembuat Kopi Di Matur, Agam


Cara Meracik Kopi Aceh – Penjual Pembuat Kopi Di Matur, Agam - Biar semakin ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, namun gak sedikit juga yang tampaknya masih gak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimple itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, mulai dari varietasnya, tempat penanamannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, walau pun berjenis serupa, rasa kopi Gayo dan Tana Toraja contohnya, menyandang aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang ada di Indonesia dan digunakan di sebagian besar warkop.

Namun, apakah kamu semua sudah mengetahui keistimewaan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai wujud bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit namun mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tak heran mutunya pula lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Tanah Air ialah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Cara Meracik Kopi Aceh – Penjual Pembuat Kopi Di Matur, Agam


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi kini di bermacam belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta tahan hama & penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya mencolok ialah taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pun sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengetahui serta merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak warung kopi yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi risalah dalam halaman Cara Meracik Kopi Aceh – Penjual Pembuat Kopi Di Matur, Agam, semoga bermakna.

0 comments