Jenis Kopi Robusta Unggul – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Tawangharjo, Grobogan

Jenis Kopi Robusta Unggul – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Tawangharjo, Grobogan


Jenis Kopi Robusta Unggul – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Tawangharjo, Grobogan - Meski makin banyak penikmat kopi yang menandai beragam jenis kopi, namun gak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, dari kelasnya, kawasan penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, meski dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja contohnya, menyandang aroma dan citarasa yang berbeda.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di Indonesia serta digunakan di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah mengetahui keunikan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki tatanan bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di perkebunan pun semestinya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran kualitasnya pun lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Unggul – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Tawangharjo, Grobogan


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi sekarang di beragam belahan dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa khas, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga resistan penyakit & hama.

Adapun ciri khusus paling kentara yakni tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, namun susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam setahun, perihal ini karna ditanam di suhu rendah, sehingga dapat cepat panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengenal serta merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai kedai kopi yang menyediakan berbagai varian kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi informasi dalam web Jenis Kopi Robusta Unggul – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Tawangharjo, Grobogan, semoga ada gunanya.

0 comments