Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi di Mojoagung, Jombang

Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi di Mojoagung, Jombang


Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi di Mojoagung, Jombang - Kendati kian banyak pecinta kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimpel itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, mulai dari tipenya, lokasi peraniannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, kendati berjenis sama, rasa kopi Gayo dengan Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma serta citarasa yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di Indonesia serta digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tetapi, apakah kalian semua pernah mengetahui karakteristik dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai tatanan bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang harum serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran harganya juga lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air adalah kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi di Mojoagung, Jombang


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi saat ini di berbagai bagian dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang khas, berlainan di setiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga resistan hama dan penyakit.

Adapun kekhasan paling eksplisit yakni tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tapi sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini karna ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat cepat panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pula beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengetahui serta merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai warung kopi yang menyediakan berbagai varian kopi Arabica.
Meski seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi informasi dalam blog Jenis Kopi Aceh Paling Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi di Mojoagung, Jombang, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments