Manfaat Kopi Hijau – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Sawahan, Madiun

Manfaat Kopi Hijau – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Sawahan, Madiun


Manfaat Kopi Hijau – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Sawahan, Madiun - Walaupun makin banyak penikmat kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimpel itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, mulai dari kelasnya, kawasan ditanamna, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, meski dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo serta Toraja misalnya, mempunyai aroma dan flavour yang berbeda.

Biji kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di tanah air serta digunakan di sebagian besar warkop.

Tapi, apakah anda semua sudah mengetahui karakteristik dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai tatanan biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tak heran mutunya pun lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Nusantara yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hijau – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Sawahan, Madiun


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi masa ini di berbagai belahan dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang khas, berbeda di tiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta resistan hama & penyakit.

Adapun ciri khusus paling eksplisit adalah taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam 1 tahun, perihal ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, maka dapat lekas panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, juga sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya makin banyak kafe yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabika.
Meski demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi tulisan di website Manfaat Kopi Hijau – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Sawahan, Madiun, semoga ada gunanya.

0 comments