Jenis Kopi Untuk Diet – Penjual Pembuat Kopi Di Wonokerto, Pekalongan

Jenis Kopi Untuk Diet – Penjual Pembuat Kopi Di Wonokerto, Pekalongan


Jenis Kopi Untuk Diet – Penjual Pembuat Kopi Di Wonokerto, Pekalongan - Kendati semakin ramai pecinta kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, namun tidak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, mulai dari kelasnya, kawasan perkebunannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, biar pun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dan Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta citarasa yang berbeda.

Biji kopi sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di negeri ini serta digunakan di beberapa warkop.

Namun, apakah kalian semua pernah tahu kekhasan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai struktur bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena hama karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang sedap serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tak heran harganya pun jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini ialah Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai muncul adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Kopi Untuk Diet – Penjual Pembuat Kopi Di Wonokerto, Pekalongan


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi kini di beragam belahan bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa khas, berlainan di setiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga kebal hama & penyakit.

Adapun kekhasan paling mencolok yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tetapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam setahun, hal ini karna ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat cepat panen" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengenal dan merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai Coffee shop yang menyediakan beragam variasi kopi Arabika.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi tulisan dalam blog Jenis Kopi Untuk Diet – Penjual Pembuat Kopi Di Wonokerto, Pekalongan, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments