Jenis Produk Kopi Kapal Api – Jual Coffee Maker di Siantan Tengah, Kepulauan Anambas

Jenis Produk Kopi Kapal Api – Jual Coffee Maker di Siantan Tengah, Kepulauan Anambas


Jenis Produk Kopi Kapal Api – Jual Coffee Maker di Siantan Tengah, Kepulauan Anambas - Biar makin banyak penikmat kopi yang menandai berbagai tipe kopi, tetapi gak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimple itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, dari jenisnya, area peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, meski pun berjenis sama, citarasa kopi Gayo dan Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma serta flavour yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di tanah air dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua telah paham ke-khas-an dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai bentuk batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit akan tetapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun semestinya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tidak heran mutunya pun lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Produk Kopi Kapal Api – Jual Coffee Maker di Siantan Tengah, Kepulauan Anambas


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi masa ini di beragam belahan dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa istimewa, berlainan di tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan tahan penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya jelas ialah peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam setahun, hal ini sebab ditanam di suhu rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, juga beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengetahui serta merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai kafe yang menyajikan bermacam varian kopi Arabica.
Meski demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca artikel di website Jenis Produk Kopi Kapal Api – Jual Coffee Maker di Siantan Tengah, Kepulauan Anambas, mudah-mudahan bermakna.

0 comments