Jenis Produk Kopi Kapal Api – Online Shop Coffee Maker di Bataguh, Kapuas

Jenis Produk Kopi Kapal Api – Online Shop Coffee Maker di Bataguh, Kapuas


Jenis Produk Kopi Kapal Api – Online Shop Coffee Maker di Bataguh, Kapuas - Meski semakin banyak penikmat kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, namun tidak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimple itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai kelasnya, tempat peraniannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, biar pun berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di Indonesia serta dipakai di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah anda semua telah tahu keistimewaan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai wujud bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit namun mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran nilainya pula jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Nusantara yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Produk Kopi Kapal Api – Online Shop Coffee Maker di Bataguh, Kapuas


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi kini di berbagai bagian bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa spesial, berlainan di setiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga tahan penyakit.

Adapun ciri khas paling menonjol adalah peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, namun sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di suhu rendah, maka dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, juga sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengenal serta merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak Coffee shop yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabica.
Kendati demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi informasi dalam halaman Jenis Produk Kopi Kapal Api – Online Shop Coffee Maker di Bataguh, Kapuas, moga-moga bermakna.

0 comments