Manfaat Kopi Hijau – Penjual Coffee Maker di Dusun Selatan, Barito Selatan

Manfaat Kopi Hijau – Penjual Coffee Maker di Dusun Selatan, Barito Selatan


Manfaat Kopi Hijau – Penjual Coffee Maker di Dusun Selatan, Barito Selatan - Walaupun semakin berlimpah pecinta kopi yang menandai bermacam tipe kopi, tetapi tak sedikit juga yang tampaknya masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesederhana itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, dimulai dari jenisnya, daerah penanamannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan bijinya. Itu sebabnya, walau pun berjenis sama, cita rasa kopi Gayo dan Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di tanah air serta digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Tetapi, apakah kalian semua telah tahu kekhasan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang tatanan butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit namun menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tidak heran nilainya pun lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hijau – Penjual Coffee Maker di Dusun Selatan, Barito Selatan


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi kini di berbagai bagian bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa spesial, berbeda di setiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan tahan hama & penyakit.

Adapun keistimewaan paling mencolok yakni taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengenal serta merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak warung kopi yang menyajikan beragam variasi kopi Arabika.
Kendati begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi tulisan dalam blog Manfaat Kopi Hijau – Penjual Coffee Maker di Dusun Selatan, Barito Selatan, semoga bermanfaat.

0 comments