Cara Meracik Kopi Enak – Jual Pembuat Kopi di Talang Padang, Empat Lawang

Cara Meracik Kopi Enak – Jual Pembuat Kopi di Talang Padang, Empat Lawang


Cara Meracik Kopi Enak – Jual Pembuat Kopi di Talang Padang, Empat Lawang - Meski semakin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengetahui perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimpel itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, mulai tipenya, lokasi perkebunannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Itu sebabnya, biar pun dengan jenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja umpamanya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di tanah air dan dipakai di beberapa warung kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah tahu karakter dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai rupa butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit namun mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun semestinya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang harum serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tak heran kualitasnya pun lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air yakni Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Meracik Kopi Enak – Jual Pembuat Kopi di Talang Padang, Empat Lawang


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di bermacam belahan dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena menyandang cita rasa yang spesial, berlainan di tiap-tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta tahan penyakit & hama.

Adapun keistimewaan setidaknya eksplisit yaitu taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tetapi sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pula sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengenal dan merasakan beragam jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai Coffee shop yang menyajikan beragam varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi tulisan di halaman Cara Meracik Kopi Enak – Jual Pembuat Kopi di Talang Padang, Empat Lawang, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments