Manfaat Kopi Robusta Bagi Kesehatan – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Sungai Boh, Malinau

Manfaat Kopi Robusta Bagi Kesehatan – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Sungai Boh, Malinau


Manfaat Kopi Robusta Bagi Kesehatan – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Sungai Boh, Malinau - Meski kian ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam tipe kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang tampaknya masih tidak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesederhana itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, dari tipenya, tempat ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, walau pun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini dan dipakai di beberapa warung kopi.

Tetapi, apakah anda semua telah paham karakteristik dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang rupa biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di perkebunan juga semestinya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran harganya juga jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini adalah Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Robusta Bagi Kesehatan – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Sungai Boh, Malinau


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di beragam bagian dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang khas, berlainan di setiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta tahan penyakit & hama.

Adapun keistimewaan paling gamblang adalah taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di hawa rendah, sehingga dapat lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, juga beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengenal dan merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak warung kopi yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabica.
Meski demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah membaca risalah di blog Manfaat Kopi Robusta Bagi Kesehatan – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Sungai Boh, Malinau, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments