Jenis Produk Kopi Kapal Api – Toko Pembuat Kopi Di Pati

Jenis Produk Kopi Kapal Api – Toko Pembuat Kopi Di Pati


Jenis Produk Kopi Kapal Api – Toko Pembuat Kopi Di Pati - Biar semakin ramai pecinta kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, tapi gak sedikit pula yang tampaknya masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesederhana itu, tapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, mulai kelasnya, area peraniannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski pun berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma dan citarasa yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang ada di negeri ini serta dipakai di beberapa warkop.

Tapi, apakah kamu semua sudah mengetahui keunikan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai struktur biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di perkebunan pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tidak heran nilainya pun jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Produk Kopi Kapal Api – Toko Pembuat Kopi Di Pati


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di berbagai bagian bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta resistan penyakit dan hama.

Adapun keunikan setidaknya kentara ialah taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam satu tahun, perihal ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, maka bisa cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pula sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengenal dan merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi informasi di halaman Jenis Produk Kopi Kapal Api – Toko Pembuat Kopi Di Pati, moga-moga ada gunanya.

0 comments