Manfaat Kopi Untuk Kulit Jerawat – Kios Pembuat Kopi di Keliling Danau, Kerinci

Manfaat Kopi Untuk Kulit Jerawat – Kios Pembuat Kopi di Keliling Danau, Kerinci


Manfaat Kopi Untuk Kulit Jerawat – Kios Pembuat Kopi di Keliling Danau, Kerinci - Biar kian berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, namun gak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimple itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, mulai varietasnya, area peraniannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Itu sebabnya, walau pun berjenis sama, rasa kopi Gayo dan Toraja misalnya, memiliki aroma dan cita rasa yang berlainan.

Biji kopi sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di negeri ini dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tetapi, apakah anda semua sudah tahu ke-khas-an dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki bentuk bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang wangi semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tak heran kualitasnya juga lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang banyak muncul yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Untuk Kulit Jerawat – Kios Pembuat Kopi di Keliling Danau, Kerinci


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi saat ini di berbagai belahan bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan hama.

Adapun keunikan paling kentara ialah taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tetapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di hawa yang rendah, maka bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, pun beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengenal dan merasakan beraneka veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak kedai kopi yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabika.
Meski begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi informasi dalam website Manfaat Kopi Untuk Kulit Jerawat – Kios Pembuat Kopi di Keliling Danau, Kerinci, mudah-mudahan berguna.

0 comments