Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Danurejan, Yogyakarta

Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Danurejan, Yogyakarta


Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Danurejan, Yogyakarta - Walaupun kian ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, namun gak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai dari kelasnya, lokasi perkebunannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, walau pun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo dan Toraja misalnya, memiliki aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia serta dipakai di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah mengerti karakteristik dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai rupa batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang sedap kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tak heran harganya pula lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai muncul yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Danurejan, Yogyakarta


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di berbagai bagian bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa istimewa, berlainan di setiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan kebal penyakit & hama.

Adapun kekhasan paling kentara yakni taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pula beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengenal serta merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak kafe yang menyajikan berbagai varian kopi Arabica.
Meski seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi risalah dalam website Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Danurejan, Yogyakarta, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments