Membuat Kopi Hitam – Toko Mesin Coffee Maker di Katingan Tengah, Katingan

Membuat Kopi Hitam – Toko Mesin Coffee Maker di Katingan Tengah, Katingan


Membuat Kopi Hitam – Toko Mesin Coffee Maker di Katingan Tengah, Katingan - Kendati semakin berlimpah penikmat kopi yang menandai beragam tipe kopi, tapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dari tipenya, lokasi ditanamna, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, biar pun berjenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berlainan.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang ada di tanah air serta dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Tapi, apakah kamu semua pernah paham ke-khas-an dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki rupa butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi juga seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran kualitasnya pula lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Indonesia ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Membuat Kopi Hitam – Toko Mesin Coffee Maker di Katingan Tengah, Katingan


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi masa ini di beragam bagian dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang istimewa, berlainan di setiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan kebal penyakit.

Adapun kekhasan paling jelas yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tetapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini lantaran ditanam di suhu rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, pun sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah memahami dan merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak Coffee shop yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabica.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi tulisan di blog Membuat Kopi Hitam – Toko Mesin Coffee Maker di Katingan Tengah, Katingan, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments