Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Toko Mesin Coffee Maker Di Serengan, Surakarta

Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Toko Mesin Coffee Maker Di Serengan, Surakarta


Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Toko Mesin Coffee Maker Di Serengan, Surakarta - Meski semakin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, tetapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimple itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, mulai varietasnya, lokasi perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena itu, kendati berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma serta citarasa yang begitu beda.

Kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang ada di Indonesia serta digunakan di sebagian besar warung kopi.

Tetapi, apakah anda semua telah tahu ke-khas-an dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang struktur biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit namun mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi pun semestinya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran mutunya juga jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Indonesia adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak timbul yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Toko Mesin Coffee Maker Di Serengan, Surakarta


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di beragam belahan dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga resistan penyakit dan hama.

Adapun kekhasan paling eksplisit ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, namun susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di suhu yang rendah, maka dapat lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah memahami serta merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi informasi dalam web Meracik Kopi Hitam Yang Enak – Toko Mesin Coffee Maker Di Serengan, Surakarta, moga-moga ada gunanya.

0 comments