Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Jual Coffee Maker di Kelumpang Hulu, Kotabaru

Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Jual Coffee Maker di Kelumpang Hulu, Kotabaru


Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Jual Coffee Maker di Kelumpang Hulu, Kotabaru - Walaupun makin ramai penikmat kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, namun tak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimpel itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, dari tipenya, area penanamannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, walaupun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja misalnya, menyandang aroma dan cita rasa yang berlainan.

Kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di Indonesia serta digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tetapi, apakah kamu semua sudah tahu keunikan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang bentuk butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terpenting apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tidak heran harganya pun lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara adalah kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Jual Coffee Maker di Kelumpang Hulu, Kotabaru


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di beragam bagian bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang khas, berlainan di setiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan tahan penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus paling menonjol yaitu tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah memahami dan merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai kedai kopi yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabica.
Meski demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah membaca risalah dalam halaman Jenis Kopi Robusta Dan Arabika – Jual Coffee Maker di Kelumpang Hulu, Kotabaru, semoga berpengaruh.

0 comments