Khasiat Kopi Hitam Untuk Diet – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Tobelo

Khasiat Kopi Hitam Untuk Diet – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Tobelo


Khasiat Kopi Hitam Untuk Diet – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Tobelo - Meski semakin banyak pecinta kopi yang menandai beragam tipe kopi, tetapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih tak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimple itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, mulai dari kelasnya, tempat perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, kendati berjenis sama, rasa kopi Gayo dan Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma serta flavour yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang ada di tanah air dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Tetapi, apakah kalian semua sudah mengetahui keistimewaan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai bentuk butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit namun memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi juga semestinya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran kualitasnya juga lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Tanah Air yakni Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hitam Untuk Diet – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Tobelo


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi masa ini di berbagai bagian bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa istimewa, berlainan di tiap-tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan resistan penyakit.

Adapun keunikan setidaknya menonjol adalah taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di hawa rendah, sehingga bisa cepat panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah memahami dan merasakan beragam tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai warung kopi yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi informasi di web Khasiat Kopi Hitam Untuk Diet – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Tobelo, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments