Jenis Kopi Robusta Nusantara – Online Shop Coffee Maker Di Tebo Ulu, Tebo

Jenis Kopi Robusta Nusantara – Online Shop Coffee Maker Di Tebo Ulu, Tebo


Jenis Kopi Robusta Nusantara – Online Shop Coffee Maker Di Tebo Ulu, Tebo - Biar makin berlimpah pecinta kopi yang mengenali beragam tipe kopi, tetapi tak sedikit pula yang ternyata masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesederhana itu, tapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, mulai kelasnya, lokasi penanamannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, meski dengan jenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma dan flavour yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di tanah air serta digunakan di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua sudah mengetahui karakteristik dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai rupa biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit tetapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan pun hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran nilainya pula jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak timbul adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Nusantara – Online Shop Coffee Maker Di Tebo Ulu, Tebo


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di bermacam belahan dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa khas, berlainan di setiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga kebal penyakit & hama.

Adapun keistimewaan paling menonjol yakni tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, namun sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, juga sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah memahami serta merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyajikan beraneka varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi artikel di halaman Jenis Kopi Robusta Nusantara – Online Shop Coffee Maker Di Tebo Ulu, Tebo, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments