Jenis Produk Kopi Kapal Api – Kios Pembuat Kopi Di Cikampek, Karawang

Jenis Produk Kopi Kapal Api – Kios Pembuat Kopi Di Cikampek, Karawang


Jenis Produk Kopi Kapal Api – Kios Pembuat Kopi Di Cikampek, Karawang - Meski makin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, namun gak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimpel itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, dimulai dari jenisnya, daerah penanamannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan bijinya. Itu sebabnya, walau pun berjenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja contohnya, memiliki aroma dan citarasa yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di tanah air serta dipakai di sebagian besar warkop.

Tetapi, apakah kalian semua pernah mengerti keunikan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai struktur batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tetapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama apabila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tidak heran kualitasnya pun lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Nusantara adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Produk Kopi Kapal Api – Kios Pembuat Kopi Di Cikampek, Karawang


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di berbagai bagian bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna menyandang cita rasa khas, berbeda di tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan kebal penyakit.

Adapun keunikan setidaknya jelas ialah taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tetapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini karena ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak warung kopi yang menyajikan berbagai varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi tulisan di halaman Jenis Produk Kopi Kapal Api – Kios Pembuat Kopi Di Cikampek, Karawang, semoga ada gunanya.

0 comments