Jenis Kopi Robusta Terbaik – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Pauh, Sarolangun

Jenis Kopi Robusta Terbaik – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Pauh, Sarolangun


Jenis Kopi Robusta Terbaik – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Pauh, Sarolangun - Kendati makin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimple itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, mulai dari tipenya, lokasi peraniannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, meski berjenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma serta cita rasa yang berlainan.

Biji kopi sendiri menyandang jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Akan tetapi, apakah kalian semua pernah mengerti karakter dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai bentuk bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit akan tetapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang harum serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran harganya pula lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Nusantara ialah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Terbaik – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Pauh, Sarolangun


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di beragam belahan dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan kebal hama.

Adapun ciri khas setidaknya mencolok yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, namun susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, pun sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah memahami serta merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah membaca informasi di blog Jenis Kopi Robusta Terbaik – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Pauh, Sarolangun, mudah-mudahan bermakna.

0 comments