Jenis Minuman Kopi Dan Cara Membuatnya – Kios Coffee Maker di Tegal

Jenis Minuman Kopi Dan Cara Membuatnya – Kios Coffee Maker di Tegal


Jenis Minuman Kopi Dan Cara Membuatnya – Kios Coffee Maker di Tegal - Kendati makin banyak pecinta kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, namun tidak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimpel itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, mulai dari jenisnya, area penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, kendati dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo dengan Toraja umpamanya, memiliki aroma serta cita rasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang ada di tanah air serta dipakai di sebagian besar warkop.

Tapi, apakah anda semua sudah paham karakteristik dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang rupa biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tak heran harganya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai muncul yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Minuman Kopi Dan Cara Membuatnya – Kios Coffee Maker di Tegal


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di bermacam bagian bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang istimewa, berbeda di setiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan kebal penyakit.

Adapun ciri khusus paling gamblang adalah taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tetapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, pula beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengenal dan merasakan bermacam veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak Coffee shop yang menyajikan beragam varian kopi Arabika.
Meski begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi informasi di web Jenis Minuman Kopi Dan Cara Membuatnya – Kios Coffee Maker di Tegal, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments