Jenis Kopi Robusta Terbaik – Kios Mesin Pembuat Kopi di Abung Surakarta, Lampung Utara

Jenis Kopi Robusta Terbaik – Kios Mesin Pembuat Kopi di Abung Surakarta, Lampung Utara


Jenis Kopi Robusta Terbaik – Kios Mesin Pembuat Kopi di Abung Surakarta, Lampung Utara - Walaupun semakin berlimpah pecinta kopi yang menandai berbagai jenis kopi, tapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimpel itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, mulai kelasnya, lokasi ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, meski pun dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma dan flavour yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di tanah air serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah anda semua pernah mengetahui keistimewaan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang tatanan batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit namun mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang hama karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang harum seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran kualitasnya juga lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air yakni Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Terbaik – Kios Mesin Pembuat Kopi di Abung Surakarta, Lampung Utara


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi masa ini di beragam belahan dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang istimewa, berbeda di setiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan kebal penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus paling gamblang adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di hawa rendah, maka dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengetahui serta merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak kafe yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabika.
Kendati demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi risalah di halaman Jenis Kopi Robusta Terbaik – Kios Mesin Pembuat Kopi di Abung Surakarta, Lampung Utara, semoga ada gunanya.

0 comments