Jual Macam Kopi Indonesia – Jual Pembuat Kopi di Tapen, Bondowoso

Jual Macam Kopi Indonesia – Jual Pembuat Kopi di Tapen, Bondowoso


Jual Macam Kopi Indonesia – Jual Pembuat Kopi di Tapen, Bondowoso - Meski makin berlimpah pecinta kopi yang menandai beragam tipe kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang tampaknya masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimpel itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, dimulai dari varietasnya, tempat penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan bijinya. Itu sebabnya, walau pun dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini serta digunakan di sebagian besar coffee shop.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah paham kekhasan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki bentuk butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit namun memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran mutunya pun lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang banyak muncul adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jual Macam Kopi Indonesia – Jual Pembuat Kopi di Tapen, Bondowoso


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi sekarang di beragam bagian bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di setiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan resistan penyakit & hama.

Adapun ciri khusus paling jelas adalah taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tetapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, pun sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabica.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi risalah dalam halaman Jual Macam Kopi Indonesia – Jual Pembuat Kopi di Tapen, Bondowoso, moga-moga bermanfaat.

0 comments