Macam Kopi Gayo – Onlineshop Coffee Maker di Pagesangan

Macam Kopi Gayo – Onlineshop Coffee Maker di Pagesangan


Macam Kopi Gayo – Onlineshop Coffee Maker di Pagesangan - Biar kian ramai pecinta kopi yang menandai beragam tipe kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang ternyata masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesederhana itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, dari kelasnya, tempat peraniannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, meski berjenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja umpamanya, menyandang aroma serta citarasa yang berlainan.

Biji kopi sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang ada di Indonesia dan digunakan di beberapa warung kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua telah tahu keunikan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang tatanan butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi juga sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terpenting bila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang harum kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tak heran kualitasnya pula lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Macam Kopi Gayo – Onlineshop Coffee Maker di Pagesangan


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi kini di beragam belahan dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di setiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga tahan hama dan penyakit.

Adapun keunikan paling kentara yaitu tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini karena ditanam di suhu rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, juga beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengenal dan merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak warung kopi yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabika.
Meski demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi informasi dalam web Macam Kopi Gayo – Onlineshop Coffee Maker di Pagesangan, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments