Manfaat Kopi Untuk Kecantikan Dan Kesehatan – Penjual Coffee Maker Di Lendah, Kulon Progo

Manfaat Kopi Untuk Kecantikan Dan Kesehatan – Penjual Coffee Maker Di Lendah, Kulon Progo


Manfaat Kopi Untuk Kecantikan Dan Kesehatan – Penjual Coffee Maker Di Lendah, Kulon Progo - Walaupun makin berlimpah penikmat kopi yang menandai bermacam jenis kopi, namun tidak sedikit juga yang ternyata masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesederhana itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, dimulai dari kelasnya, tempat perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, biar pun berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja umpamanya, menyandang aroma serta flavour yang berbeda.

Biji kopi sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di Indonesia serta dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah kalian semua pernah tahu karakter dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki rupa biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit namun mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran kualitasnya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air adalah Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Untuk Kecantikan Dan Kesehatan – Penjual Coffee Maker Di Lendah, Kulon Progo


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun kini di bermacam bagian dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap-tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan resistan hama.

Adapun keunikan paling menonjol yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini karna ditanam di suhu rendah, maka bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pun beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengenal dan merasakan beragam tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak warung kopi yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi artikel di halaman Manfaat Kopi Untuk Kecantikan Dan Kesehatan – Penjual Coffee Maker Di Lendah, Kulon Progo, semoga ada manfaatnya.

0 comments