10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Bahuga, Way Kanan

10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Bahuga, Way Kanan


10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Bahuga, Way Kanan - Kendati kian berlimpah pecinta kopi yang menandai berbagai tipe kopi, tapi tak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesederhana itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, mulai jenisnya, area penanamannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, kendati dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma serta flavour yang berbeda.

Kopi sendiri memiliki jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia dan dipakai di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua telah mengerti ke-khas-an dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang wujud biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting bila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tak heran harganya pun lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Bahuga, Way Kanan


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi kini di beragam belahan bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang khas, berbeda di tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta kebal hama.

Adapun ciri khas paling kentara yaitu tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, namun sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, perihal ini karena ditanam di suhu yang rendah, maka bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, pun beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengenal serta merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin banyak warung kopi yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi informasi di website 10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Bahuga, Way Kanan, moga-moga bermakna.

0 comments