Jenis Kopi Robusta Unggul – Toko Mesin Pembuat Kopi di Cambai, Prabumulih

Jenis Kopi Robusta Unggul – Toko Mesin Pembuat Kopi di Cambai, Prabumulih


Jenis Kopi Robusta Unggul – Toko Mesin Pembuat Kopi di Cambai, Prabumulih - Kendati semakin ramai pecinta kopi yang mengenali beraneka macam tipe kopi, namun tidak sedikit juga yang tampaknya masih gak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, dimulai dari tipenya, area perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan bijinya. Itu sebabnya, walau pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo dengan Toraja umpamanya, menyandang aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri menyandang jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang ada di Indonesia serta digunakan di beberapa warkop.

Tetapi, apakah anda semua pernah paham keistimewaan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai wujud biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di perkebunan juga semestinya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena hama karat daun terpenting kalau ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tidak heran harganya pun lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Unggul – Toko Mesin Pembuat Kopi di Cambai, Prabumulih


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi kini di beragam belahan dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap-tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta kebal penyakit & hama.

Adapun ciri khusus setidaknya eksplisit adalah tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam setahun, hal ini karena ditanam di hawa yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, juga beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan beragam jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai kafe yang menyajikan bermacam varian kopi Arabika.
Kendati begitu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah menyambangi informasi di halaman Jenis Kopi Robusta Unggul – Toko Mesin Pembuat Kopi di Cambai, Prabumulih, semoga bermakna.

0 comments