Jenis Kopi Arabika Dan – Online Shop Pembuat Kopi Di Adiwerna, Tegal

Jenis Kopi Arabika Dan – Online Shop Pembuat Kopi Di Adiwerna, Tegal


Jenis Kopi Arabika Dan – Online Shop Pembuat Kopi Di Adiwerna, Tegal - Meski kian ramai pecinta kopi yang mengenali beraneka macam tipe kopi, namun tidak sedikit juga yang ternyata masih gak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimple itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, mulai kelasnya, kawasan perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walaupun berjenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja misalnya, mempunyai aroma serta citarasa yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di negeri ini serta dipakai di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah kalian semua telah mengetahui keunikan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki struktur butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tetapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena hama karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang wangi semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tak heran mutunya juga jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara yakni Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Arabika Dan – Online Shop Pembuat Kopi Di Adiwerna, Tegal


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di berbagai bagian bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna menyandang cita rasa istimewa, berbeda di setiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga tahan penyakit & hama.

Adapun keistimewaan setidaknya gamblang yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, namun sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini sebab ditanam di hawa rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pun sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengetahui serta merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai kedai kopi yang menyediakan beragam variasi kopi Arabica.
Meski demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi informasi di website Jenis Kopi Arabika Dan – Online Shop Pembuat Kopi Di Adiwerna, Tegal, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments