Jenis Kopi Robusta – Jual Pembuat Kopi Di Kec. Panyileukan

Jenis Kopi Robusta – Jual Pembuat Kopi Di Kec. Panyileukan


Jenis Kopi Robusta – Jual Pembuat Kopi Di Kec. Panyileukan - Biar makin banyak penikmat kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, tetapi gak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimple itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, dari tipenya, lokasi peraniannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Karena sebab itu, walau pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja contohnya, memiliki aroma serta flavour yang berlainan.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di tanah air serta dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Tetapi, apakah kalian semua pernah paham kekhasan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang wujud batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tetapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tak heran harganya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia adalah Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai muncul adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta – Jual Pembuat Kopi Di Kec. Panyileukan


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di beragam belahan dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa yang spesial, berlainan di tiap-tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta tahan hama & penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya gamblang yaitu peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, juga beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengenal dan merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak warung kopi yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabika.
Kendati begitu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah membaca artikel di halaman Jenis Kopi Robusta – Jual Pembuat Kopi Di Kec. Panyileukan, semoga berpengaruh.

0 comments