Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Jual Coffee Maker Di Supiori

Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Jual Coffee Maker Di Supiori


Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Jual Coffee Maker Di Supiori - Kendati semakin banyak pecinta kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, namun tidak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimple itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, dari kelasnya, tempat penanamannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, meski pun dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja misalnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia dan digunakan di beberapa warkop.

Tetapi, apakah kamu semua sudah mengerti kekhasan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki struktur biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tetapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Jual Coffee Maker Di Supiori


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi saat ini di berbagai bagian dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di setiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan resistan penyakit & hama.

Adapun ciri khusus setidaknya eksplisit adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya makin banyak kafe yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabica.
Kendati begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi informasi di halaman Manfaat Kopi Robusta Dan Arabika – Jual Coffee Maker Di Supiori, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments