Jenis Kopi Robusta Nusantara – Toko Mesin Coffee Maker di Bulik, Lamandau

Jenis Kopi Robusta Nusantara – Toko Mesin Coffee Maker di Bulik, Lamandau


Jenis Kopi Robusta Nusantara – Toko Mesin Coffee Maker di Bulik, Lamandau - Meski makin ramai pecinta kopi yang menandai beragam jenis kopi, namun gak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesederhana itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, dimulai dari varietasnya, area penanamannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, walau pun berjenis sama, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja misalnya, menyandang aroma dan citarasa yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini serta dipakai di sebagian besar coffee shop.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah mengetahui keistimewaan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki bentuk biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tapi memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi juga hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tidak heran mutunya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Nusantara – Toko Mesin Coffee Maker di Bulik, Lamandau


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di berbagai bagian bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa istimewa, berlainan di tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta tahan hama dan penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya eksplisit ialah taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, namun susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah memahami serta merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai kafe yang menyajikan beraneka varian kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi informasi di website Jenis Kopi Robusta Nusantara – Toko Mesin Coffee Maker di Bulik, Lamandau, mudah-mudahan bermakna.

0 comments