Khasiat Kopi Hijau Nareena – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Midai, Natuna

Khasiat Kopi Hijau Nareena – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Midai, Natuna


Khasiat Kopi Hijau Nareena – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Midai, Natuna - Kendati makin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, namun tak sedikit juga yang nyatanya masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimpel itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, dimulai dari jenisnya, area perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, meski berjenis sama, rasa kopi Gayo dan Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Tapi, apakah anda semua telah mengetahui keistimewaan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang rupa butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang sedap kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tidak heran mutunya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini yaitu Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak muncul yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Nareena – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Midai, Natuna


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi kini di bermacam bagian dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa istimewa, berbeda di tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga kebal hama dan penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya menonjol ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, perihal ini sebab ditanam di hawa rendah, maka bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, pun sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak kafe yang menyediakan beragam variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah membaca tulisan dalam web Khasiat Kopi Hijau Nareena – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Midai, Natuna, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments