Manfaat Kopi Hijau Untuk Kesehatan – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Losari, Brebes

Manfaat Kopi Hijau Untuk Kesehatan – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Losari, Brebes


Manfaat Kopi Hijau Untuk Kesehatan – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Losari, Brebes - Biar semakin ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, namun gak sedikit juga yang tampaknya masih tidak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesederhana itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, dari tipenya, area penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, walaupun berjenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di negeri ini serta dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Tapi, apakah kamu semua sudah mengerti karakteristik dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang wujud bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit namun menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tidak heran mutunya pula jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia yaitu Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hijau Untuk Kesehatan – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Losari, Brebes


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi saat ini di berbagai bagian bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta kebal hama dan penyakit.

Adapun ciri khusus paling menonjol yakni tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, namun susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini karna ditanam di hawa rendah, sehingga bisa lekas panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pun beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak kafe yang menyajikan berbagai varian kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca risalah dalam blog Manfaat Kopi Hijau Untuk Kesehatan – Toko Online Mesin Pembuat Kopi di Losari, Brebes, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments