Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Toko Online Pembuat Kopi Di Sungai Menang, OKI

Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Toko Online Pembuat Kopi Di Sungai Menang, OKI


Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Toko Online Pembuat Kopi Di Sungai Menang, OKI - Walaupun kian ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang ternyata masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, mulai kelasnya, daerah penanamannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena itu, biar pun berjenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja umpamanya, menyandang aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di Indonesia serta digunakan di beberapa warung kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua pernah paham karakter dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki bentuk butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi juga hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang hama karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tidak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air yaitu Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Toko Online Pembuat Kopi Di Sungai Menang, OKI


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di beragam belahan bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang spesial, berlainan di tiap-tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta kebal hama.

Adapun ciri khusus setidaknya kentara yaitu tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, namun susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di hawa rendah, sehingga bisa cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, pun beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah memahami dan merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak kedai kopi yang menyediakan beragam varian kopi Arabika.
Kendati begitu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi informasi dalam halaman Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Toko Online Pembuat Kopi Di Sungai Menang, OKI, mudah-mudahan bermakna.

0 comments