Manfaat Kopi Robusta Bagi Kesehatan – Toko Online Pembuat Kopi di Tuban, Tuban

Manfaat Kopi Robusta Bagi Kesehatan – Toko Online Pembuat Kopi di Tuban, Tuban


Manfaat Kopi Robusta Bagi Kesehatan – Toko Online Pembuat Kopi di Tuban, Tuban - Walaupun makin banyak penikmat kopi yang menandai beragam jenis kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang nyatanya masih tidak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesederhana itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, mulai dari tipenya, daerah penanamannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, meski dengan jenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel umpamanya, menyandang aroma dan cita rasa yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah kalian semua sudah mengetahui karakteristik dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai bentuk butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan juga hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama apabila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tidak heran harganya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia ialah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Robusta Bagi Kesehatan – Toko Online Pembuat Kopi di Tuban, Tuban


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di bermacam bagian bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa yang spesial, berlainan di tiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan resistan hama.

Adapun ciri khusus paling jelas adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, akan tetapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam setahun, kondisi ini sebab ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, pula sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah memahami dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak kafe yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabika.
Kendati begitu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi artikel dalam blog Manfaat Kopi Robusta Bagi Kesehatan – Toko Online Pembuat Kopi di Tuban, Tuban, semoga ada manfaatnya.

0 comments