Meracik Kopi Yg Enak – Penjual Mesin Coffee Maker di Bandar Mataram, Lampung Tengah

Meracik Kopi Yg Enak – Penjual Mesin Coffee Maker di Bandar Mataram, Lampung Tengah


Meracik Kopi Yg Enak – Penjual Mesin Coffee Maker di Bandar Mataram, Lampung Tengah - Kendati kian banyak pecinta kopi yang mengenali beraneka macam tipe kopi, tetapi tak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai dari tipenya, lokasi perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, walau pun berjenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berlainan.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di Indonesia serta dipakai di sebagian besar warkop.

Namun, apakah anda semua sudah mengetahui kekhasan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai tatanan butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lahan kopi juga hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tak heran nilainya pula jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Indonesia yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai muncul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Meracik Kopi Yg Enak – Penjual Mesin Coffee Maker di Bandar Mataram, Lampung Tengah


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di beragam bagian bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena menyandang cita rasa khas, berlainan di tiap-tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga tahan penyakit.

Adapun keunikan setidaknya jelas ialah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai kafe yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabica.
Meski seperti itu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi risalah dalam website Meracik Kopi Yg Enak – Penjual Mesin Coffee Maker di Bandar Mataram, Lampung Tengah, semoga berguna.

0 comments