Tips Membuat Kopi Tanpa Ampas – Toko Pembuat Kopi di Mayong, Jepara

Tips Membuat Kopi Tanpa Ampas – Toko Pembuat Kopi di Mayong, Jepara


Tips Membuat Kopi Tanpa Ampas – Toko Pembuat Kopi di Mayong, Jepara - Walaupun makin banyak pecinta kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, tapi tak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengenal perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesederhana itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, dari jenisnya, tempat ditanamna, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, meski berjenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja misalnya, menyandang aroma serta cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di tanah air serta digunakan di beberapa warung kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua telah mengerti ke-khas-an dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki tatanan butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit akan tetapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran nilainya pun jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara yaitu Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Tips Membuat Kopi Tanpa Ampas – Toko Pembuat Kopi di Mayong, Jepara


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi saat ini di berbagai belahan bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di setiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan tahan penyakit.

Adapun ciri khas paling kentara ialah taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di suhu rendah, maka dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pula sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya makin banyak kafe yang menyajikan bermacam varian kopi Arabica.
Kendati begitu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi risalah di website Tips Membuat Kopi Tanpa Ampas – Toko Pembuat Kopi di Mayong, Jepara, semoga berguna.

0 comments