10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi di Gebang, Langkat

10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi di Gebang, Langkat


10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi di Gebang, Langkat - Kendati makin banyak pecinta kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang tampaknya masih tak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pait, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesederhana itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, dimulai dari varietasnya, lokasi ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, biar pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dan Toraja misalnya, mempunyai aroma dan citarasa yang begitu beda.

Biji kopi sendiri memiliki verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di Indonesia serta dipakai di beberapa warkop.

Namun, apakah anda semua telah mengetahui karakter dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki bentuk butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit akan tetapi memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang bebauan yang harum serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tidak heran harganya pula jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Tanah Air adalah Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi di Gebang, Langkat


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi kini di bermacam belahan dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena menyandang cita rasa khas, berbeda di setiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta kebal penyakit & hama.

Adapun keunikan paling gamblang adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam setahun, perihal ini sebab ditanam di suhu rendah, maka bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, pun sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengetahui dan merasakan beragam jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin ramai Coffee shop yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabica.
Kendati seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca informasi dalam blog 10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi di Gebang, Langkat, semoga ada gunanya.

0 comments