Jual Macam Kopi Indonesia – Jual Mesin Coffee Maker di Manguharjo, Madiun

Jual Macam Kopi Indonesia – Jual Mesin Coffee Maker di Manguharjo, Madiun


Jual Macam Kopi Indonesia – Jual Mesin Coffee Maker di Manguharjo, Madiun - Biar semakin berlimpah pecinta kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, tapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih tak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimpel itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, dari tipenya, tempat perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, biar pun berjenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dan Toraja misalnya, mempunyai aroma serta citarasa yang begitu beda.

Kopi sendiri memiliki verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di tanah air dan digunakan di beberapa warkop.

Tetapi, apakah anda semua telah paham kekhasan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang tatanan butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tak heran nilainya pula jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini yakni kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jual Macam Kopi Indonesia – Jual Mesin Coffee Maker di Manguharjo, Madiun


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun kini di beragam bagian bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan kebal penyakit.

Adapun keistimewaan paling gamblang yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini sebab ditanam di hawa rendah, maka bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pula beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengetahui serta merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi informasi di halaman Jual Macam Kopi Indonesia – Jual Mesin Coffee Maker di Manguharjo, Madiun, moga-moga ada gunanya.

0 comments